Selamat Atas Terpilihnya Pimpinan DPRD Blora periode 2024-2029

portalblora.com

 

Warga Nglobo, Jiken beternak lele memanfaatkan Galon mineral, praktis, efisien tempat hasilnya bisa dijual. (Foto : Heri)


JIKEN, portalbloracom - Kepala Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora menyisihkan sebgaian dana Desa untuk pemberdayaan masyarakat khususnya ketahanan pangan bagi masyarakat setempat.

Tujuannya untuk memberdayakan masyarakat agar mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan perekonomiannya.

"Jadi untuk pemberdayaan masyarakat, kita dianjurkan untuk mengambil 20% dari anggaran Dana Desa (DD). Kita maksimalkan untuk ketahanan pangan, baik Hewani maupun nabati", kata Pudik, Sabtu 19 Oktober 2024.

Dijelaskan Pudik, ada 15 lokasi untuk budi daya ikan lele. Sebelumnya Pemerintah Desa memberikan pelatihan cara beternak lele yang bagus efisien tidak makan tempat.

"Selanjutnya kita praktekkan. Hasilnya diluar dugaan ", kata Pudik.

15 lokasi itu, lanjut Pudik, berada di kelompok pemuda Karang Taruna 2, di masing-masing RT (12 RT) dan 1 lagi di kelompok Ibu - ibu PKK.

Menurutnya selain menyediakan bibit lele, pihak Desa juga menyediakan 5 polibek yang ditanami sayur - sayuran sebagai ketahanan pangan nabati.

"Kalau yang nabati ini, kita serahkan ke ibu ibu PKK. Jadi 5 polibek yang ditanami sayur sayuran ini ditanam di lahan pekarangan masing-masing warga", Imbuhnya.

Harapannya mereka tidak usah susah susah membeli sayur dan lauk. Karena sudah tersedia sayur dan lauk pekarangan mereka.

"Kedepan akan kita kembangkan lagi, nantinya kami berharap Desa Nglobo akan menjadi Desa mandiri", ujarnya.

Wargapun menyambut baik program dari Desa ini. Mereka tampak antusias untuk memelihara lele dengan memanfaatkan lahan yang ada.

"Lumayan mas tidak usah beli. Sayur tinggal ambil, lele tinggal masak dan sebagian bisa dijual, nanti untuk beli bibit lagi biar berkelanjutan", kata Lilis salah satu warga.

Editor : Her/red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama