Selamat Atas Terpilihnya Pimpinan DPRD Blora periode 2024-2029

portalblora.com
Adm. KPH Blora Yeni Ernaniningsih dan Direktur CV Adulam Alam Lestari Budi Yahya menandatangani kontrak Perjanjian Kerjasama (PKS) pengelolaan pengembangan wana wisata Goa Terawang di Kantor KPH Blora, Kamis 17 Oktober 2024. (Foto : dok.)


(KPH Blora. Ags)

BLORA, portalbloracom - Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan KPH Blora, Jawa Tengah menggandeng Investor untuk mengelola Wana Wisata Goa Terawang.

Wana Wisata Goa Terawang sendiri adalah salah satu Destinasi wisata andalan Kabupaten Blora yang sangat prospektif untuk dikembangkan.

Investor yang tertarik bekerjasama untuk pengembangan destinasi Wisata tersebut adalah CV. Adulam Alam Lestari.

Penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) dengan investor telah dilaksanakan di kantor KPH Blora, Kamis 17 Oktober 2024.

Administratur (Adm) KPH Blora Yeni Ernaniningsih mengatakan CV. Adulam Alam Lestari adalah investor asal Semarang, Jawa Tengah yang sudah berpengalaman dalam pengelolaan dan pengembangan wisata.

Dijelaskan Yeni, bahwa Wana Wisata “Goa Terawang” berada di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Jembangan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kalonan, KPH Blora.

Secara administratif masuk Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

"Dari luas areal 16,50 Ha yang akan dikerjasamakan untuk pengembangan wisata dalam rangka pemanfaatan jasa lingkungan seluas 6,50 Ha. Dalam penandatanganan ini telah melalui proses dan tahapan yang panjang mulai dari proposal, pembahasan negosiasi dan mendapatkan persetujuan dari Divre Jateng", ungkap Yeni, Kamis 17 Oktober 2024.

PKS ini bertujuan untuk menjalin kerjasama pengelolaan Wana Wisata Goa Terawang yang saling menguntungkan kedua belah pihak dalam bidang pemanfaatan jasa lingkungan, serta menjadikan wana wisata yang lebih indah, elok dan elegan banyak dikunjungi wisatawan.

”Setelah tertandatangani PKS ini segera dilakukan kegiatan pembangunan sarana pendukung seperti jalan, mushola, spot-spot selfie dan wahana bermain yg menarik untuk pengunjung, sesuai yang tertuang dalm PKS untuk menyambut moment tertentu dan membuat event di Wana Wisata Goa Terawang”, jelas Yeni.

Dengan harapan cepat menjadi pendapatan bagi kedua belah pihak.

Untuk diketahui, Wana Wisata Goa Terawang ini memiliki hawa sejuk dan segar serta panorama hutan jati yang sangat indah serta mempesona dengan dikelilingi pohon-pohon jati dengan ukuran yg besar menambah kesan unik dan estetik.

Pada bagian jalur menuju pintu Goa tersedia deretan anak tangga yang sudah dilengkapi dengan besi pengaman pada bagian tengahnya sepanjang 15 meter.

Terdapat lima goa kecil di dalam Goa tersebut, tinggi dari kelima Goa tersebut sangatlah berfariasi antara 1 sampai 24 meter. Lebar dari goa–goa tersebut pun juga bervariasi, mulai dari 3 sampai 18 meter.

Pada bagian langit–langit goa memiliki bentuk yang unik seperti parabola dan dihiasi stalaktit yang sangat menawan, serta pancaran cahaya dari atas Goa pada jam–jam tertentu yang menakjubkan tidak bisa dijumpai di goa lainnya.

Direktur Utama CV. Adulam Alam Lestari, Budi Yahya mengatakan terimakasih atas kepercayaannya menjadi mitra Perhutani KPH Blora, untuk mengelola Wisata yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Blora.

"Selanjutnya akan segera berproses, sehingga dapat beroperasi di awal Desember  2024 dan menyambut moment diakhir tahun dengan harapan segera menjadi pendapatan bagi Perhutani dan CV Adulam Alam Lestari”, tutup Budi Yahya selaku Direktur CV Adulam.

Editor : Her/red


 

 


 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama