Selamat Atas Terpilihnya Pimpinan DPRD Blora periode 2024-2029

portalblora.com

 

Kantor Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah kini Desanya maju berkat dana Desa. (Foto : Heri)


BLORA, portalbloracom - Dana Desa di Indonesia mulai diimplementasikan pada tahun 2015 melalui Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Tujuan utama dari pengucuran Dana Desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan mempercepat pembangunan di tingkat desa.

Apa saja Impact dari Dana Desa bagi Desa sendiri apabila dikelola dengan baik.

1. Pembangunan Infrastruktur:

- Meningkatkan aksesibilitas dengan pembangunan jalan, jembatan, dan fasilitas umum lainnya.

- Memperbaiki sarana air bersih, sanitasi, dan listrik.

2. Pemberdayaan Ekonomi:

- Mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di desa.
Meningkatkan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat.

3. Peningkatan Kualitas Layanan Publik:

Peningkatan layanan kesehatan, pendidikan, dan sosial melalui program-program yang didanai oleh Dana Desa.

4. Partisipasi Masyarakat:

Meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam proses perencanaan dan pengelolaan dana, sehingga keputusan pembangunan lebih sesuai dengan kebutuhan lokal.

5. Pengurangan Kemiskinan:

Berkontribusi dalam pengurangan angka kemiskinan di daerah pedesaan dengan meningkatkan akses terhadap layanan dan peluang ekonomi.

6. Pembangunan Kapasitas Desa:

Meningkatkan kemampuan aparatur desa dalam pengelolaan anggaran dan pelaksanaan program pembangunan.

Meskipun Dana Desa memiliki banyak dampak positif, tantangan dalam pengelolaannya juga muncul, seperti transparansi, akuntabilitas, dan kapasitas SDM di tingkat desa yang perlu terus ditingkatkan.

Namun tidak sedikit pula Kepala Desa yang tersandung kasus korupsi Dana Desa akibat penyalahgunaan wewenang untuk memperkaya diri sendiri, sehingga mereka harus mendekam di jeruji penjara.

Sekarang ini, Pemerintah juga memberi reward kepada Desa yang tertib administrasi dengan menambah anggaran untuk kesejahteraan Desa.

Salah satunya Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. Sebuah Desa ditengah hutan dengan Kepala Desa yang inovatif dan kreatif untuk mengembangkan desanya.

Kepala Desanya adalah seorang PNS Kesehatan yang ditugaskan sebagai tenaga kesehatan di klinik milik PT Pertamina EP Cepu Field diwilayah pengeboran Distrik Nglobo bernama Pudik Harto.

Meski bukan asli warga Nglobo, namun tekat dan semangatnya untuk membangun Desa ditengah hutan ini, patut diacungi jempol.

Karena terbukti selama dipimpinnya pembangunan infrastruktur jalan Desa dan pemberdayaan masyarakatnya cukup berhasil, meskipun ada juga sandungannya.

"Dulu sebelum adanya dana Desa dengan keterbatasan anggaran kita tidak bisa meningkatkan insfratruktur. Sekarang hampir 75 %, jalan di Desa kami sudah baik", ungkap Pudik Harto, Jumat 18 Oktober 2024.

Selain insfratruktur, dampak lain dari dana Desa adalah bisa memberdayakan masyarakat, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan meningkatkan perekonomian masyarakat Desa.

"Menambah keilmuan dengan mengadakan pelatihan - pelatihan kepada masyarakat, sehingga bisa menambah ekonomi mereka", Imbuhnya.

Selanjutnya, kata Pudik, nantinya bisa menjadi Desa yang mandiri. Karena SDM mencukupi, yang akhirnya UMKM yang ada di Desa Nglobo semakin banyak dan bervariasi.

Ditambahkan Pudik Harto, Desa Nglobo terdiri dari dua Dukuhan, terdiri dari empat RW, 12 RT dengan jumlah penduduk sekitar 2200 KK.

Sedangkan yang bekerja di Pemerintahan Desa ada enam perangkat yang membantu Kades untuk melayani masyarakat Nglobo.

Sebelum adanya dana Desa, Kesejahteraan perangkat Desa sangatlah minim karena Desa Nglobo tidak memiliki bengkok seperti Desa lainnya.

Dengan adanya dana Desa ini, dampak positif yang nyata adalah meningkatkan kesejahteraan ekonomi perangkat Desa. Sehingga semangat untuk melayani masyarakat semakin baik.

"Sekarang parangkat dapat penghasilan tetap (Siltab) dan tunjangan dari dana Desa. Meskipun besarannya menyesuaikan aturan yang ada. Selain perangkat juga lembaga Desapun dapat honor juga", jelas Pudik.

Harapannya anggaran dana Desa terus berkelanjutan dan ditambah, agar Desa Desa bisa semakin maju, mandiri, dan bisa mensejahterakan rakyat, perangkat maupun lembaga masyarakat yang ada di Desa tersebut.

Editor : Her/red.

#danadesa #dpmd #desanglobo

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama