Ucapan HUT RI Ke 79

portalblora.com

 

Anak -anak TK belajar cara memetik lombok, di wisata edukasi Sanggar Pule di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Sabtu (20/7). (foto : Heri).


BLORA, portalbloracom - Tinggal dua hari lagi sebelum masuk sekolah, anak-anak Taman Kanak-Kanak (TK) di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menghabiskan waktu liburan mereka dengan mengunjungi wisata edukasi Sanggar Pule di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken.

Wisata edukasi Sanggar Pule yang baru dirintis setahun lalu ini memang sengaja diperuntukkan bagi anak-anak TK hingga SD.

Ide wisata berbasis edukasi ini terinspirasi dari keprihatinan atas pohon pule yang semakin langka.

"Pohon pule memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, selain sebagai peneduh juga bisa digunakan untuk minuman herbal. Kami sengaja menanam ratusan pohon pule di sini," ujar Pudik Harto, pengelola wisata edukasi Sanggar Pule, Sabtu 20 Juli 2024.

Di wisata edukasi ini, anak-anak tidak hanya diajak belajar mengenal pohon pule, tetapi juga diperkenalkan dengan berbagai aktivitas edukatif lainnya.

Mereka bisa berkreasi menggambar, memberi makan ikan dan kelinci, serta memetik cabai. Ada pula outbound dan rumah pohon yang menjadi daya tarik utama.

"Kami ingin anak-anak tidak hanya bermain gadget saat liburan, tapi juga bisa belajar bertani, beternak, dan melestarikan budaya lokal seperti seni Barongan yang dimainkan oleh anak-anak setempat," tambah Pudik Harto.

Antusiasme anak-anak TK terlihat saat mereka mengikuti berbagai kegiatan di Wisata edukasi Sanggar Pule. Tia dan Ragil, dua orang siswa TK, mengaku senang bisa belajar hal baru di tempat ini.

"Aku suka banget main sama kelinci dan makan buah pule. Belajar menggambar juga seru," ujar Tia dengan riang.

Isman, seorang guru TK yang mendampingi murid-muridnya, menilai konsep wisata edukasi Sanggar Pule sangat tepat untuk anak-anak di usia dini.

Lewat pembelajaran yang sederhana, mereka dapat mengenal alam, budaya, serta keterampilan dasar yang sangat bermanfaat.

Dengan antusiasme yang tinggi dari anak-anak dan dukungan orang tua, pengelola berharap wisata edukasi Sanggar Pule dapat menjadi destinasi unggulan di Blora, khususnya saat liburan sekolah.

Editor : Her/red.




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama