Ucapan HUT RI Ke 79

portalblora.com

 

Bupati Blora H Arief Rohman, menyerahkan piagam penghargaan kepada SKK Migas di dampingi Ketua PWI Blora Heri Purnomo (foto : Dok).

BLORA, portalbloracom - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Blora menggelar pelatihan Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi para anggotanya. Pelatihan ini dilaksanakan di lokasi Desa Wisata Tempuran Kecamatan Blora, Senin 15 Juli 2024.

Tujuan dilaksanakannya pra UKW ini adalah untuk meningkatkan kompetensi wartawan dan mempersiapkan mereka (para wartawan - red) untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan yang tidak lama lagi akan dilaksanakan di sejumlah wilayah.

Acara ini dibuka oleh Bupati Blora, Arief Rohman dan dihadiri oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Exxon Mobile Cepu Limited (EMCL), Pertamina EP Field Cepu dan Blora Patragas Hulu (BPH) sebagai mitra PWI.

Dalam sambutannya, Bupati Blora Arief Rohman, menyampaikan apresiasi kepada PWI Blora atas penyelenggaraan pelatihan Pra UKW ini. Ia berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas jurnalisme di Blora.

"Peran media yang tergabung dalam PWI sangatlah penting untuk bersinergi pembangunan daerah," kata dia.

Dirinya menjelaskan peran penting jurnalistik dalam menjadi mitra strategis untuk menjalankan pemerintahan.

"Kami menyadari pemerintah perlu partner strategis untuk memberikan saran kritiknya dalam menjalankan pemerintahan," kata dia.

Sementara itu, Ketua PWI Blora, Heri Purnomo, mengatakan bahwa pelatihan Pra UKW ini merupakan salah satu komitmen PWI Blora untuk meningkatkan profesionalisme wartawan.

"Wartawan harus terus belajar dan meningkatkan kompetensinya agar dapat menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas," kata Heri.

Yustian Hakiki, perwakilan dari SKK Migas Jabanusa mengatakan, tantangan dunia jurnalistik semakin kompleks, ada digital televisi, dan ada online.

Sehingga teman-teman harus bisa membiasakan diri, harus bisa menyampaikan komunikasi informasi yang cerdas dan pandai.

"Teman-teman media adalah bagian dari pilar keempat sebagai menginformasikan semua informasi yang berimbang sesuai dengan undang-undang pers", kata Yustian Hakiki.

Dia mengucapkan terima kasih kepada teman-teman media yang mempunyai dedikasi tinggi dan integritas terkait kewartawanan dan jurnalis, dan berharap semoga semua bisa maju dan berkembang.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mendukung industri hulu migas terutama di kabupaten Blora", imbuhnya.

Pelatihan Pra UKW ini diikuti oleh 50 orang wartawan yang tergabung dalam PWI Blora maupun di luar keanggotaan.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Abdul Muiz angota PWI Jawa Tengah yang sekarang ini sudah menyandang predikan Wartawan Utama.

Kemudian dari Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah, yang menyampaikan materi tentang penulisan terkait kecagarbudayaan.

Peserta pelatihan tampak antusias mengikuti pelatihan ini. Mereka berharap pelatihan ini dapat membantu mereka untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme mereka sebagai wartawan.

"Dengan pelatihan Pra UKW ini, diharapkan para wartawan di Blora dapat menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas dan berimbang," ujar Firman salah satu peserta Pelatihan Pra UKW.

Editor  : Her/red

#pwiblora
#pwijateng
#ariefrohman
#portalblora

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama