Selamat Atas Terpilihnya Pimpinan DPRD Blora periode 2024-2029

portalblora.com

Petugas Gabungan Grebek rumah diduga memproduksi Gula Jawa palsu di Cepu, Blora, Jawa Tengah, Rabu 24 Juli 2024. (Foto : Heri)

BLORA, portalbloracom - Petugas gabungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora, Jawa Tengah melakukan penggrebekan sejumlah rumah, diduga menjadi tempat produksi gula jawa palsu, di Kelurahan Tambakromo, Cepu, Blora, Rabu 24 Juli 2024.


Menurut Norra Sutrysmiyati, Sub Koordinator Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dinkes Blora, gula jawa yang ditemukan di lokasi diduga menggunakan bahan baku pengawet cairan arum manis yang sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi.

"Gula jawa palsu tersebut diduga berbahan dasar pengawet cairan arum manis yang sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi manusia," jelas Norra.

Petugas gabungan yang terdiri dari Dinkes, Dinas Perdagangan dan UKM, Satuan Polisi Pamong praja (SatPol-PP) dan Kepolisian, saat ini telah mengambil sampel gula jawa tersebut untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium di Semarang.

"Pembuatan Gula Jawa ini, dari sarananya sudah tidak memenuhi persyaratan. Itu masuk level 4, dalam artian butuh pembinaan lebih lanjut", jelasnya.

Jika terbukti memproduksi gula jawa palsu, pihak berwenang akan langsung menutup usaha tersebut dan melakukan proses hukum.

Industri gula jawa palsu ini diperkirakan telah beroperasi selama satu tahun. Pihak Dinas Kesehatan Blora menyatakan akan terus melakukan pengawasan dan penindakan terhadap praktik pemalsuan pangan untuk melindungi masyarakat.

Editor : Her/ red.

#gulajawapalsu
#dinkesblora
#

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama